Fakator-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Disiplin Dalam Pembelajaran

           Sikap siswa kurang desiplin di sekolah dipengaruhi dari banyak sekali faktor. Hal ini sebab siswa  berasal dari banyak sekali latar belakang kehidupan sosial ekonomi maupun derajat pendidikan orang tuanya. Faktor –faktor tersebut diantaranya adalah
a.       Sekolah kurang menerapkan disiplin. Sekolah yang kurang menerapkan disiplin, maka siswa  biasanya kurang bertanggung jawab sebab siswa  menganggap tidak melakukan kiprah pun  di sekolah tidak dikenakan sanksi, tidak dimarahi guru.
b.       Teman bergaul. Anak yang bergaul dengan anak  yang kurang baik perilakunya akan besar lengan berkuasa terhadap anak yang diajaknya berintraksi sehari hari..
c.       Cara hidup di lingkungan anak tinggal.  Anak yang tinggal di lingkungan hidupnya kurang baik, maka anak akan cendrung bersikap dan berperilaku kurang baik pula.
d.       Sikap orang tua. Anak yang dimanjakan oleh orang tuanya akan cendrung kurang bertanggung jawab dan takut menghadapi tantangan dan kesulitan kesulitan, begutu pula seballiknya anak yang sikap orang tuanya otoriter, maka anak akan menjadi penakut dan tidak berani mengambil keputusan dalam bertindak.
e.       Keluarga yang tidak harmonis. Anak yang tumbuh dikeluarga yang kurang serasi ( home broken ) biasanya akan selalu mengganggu teman dan sikapnya kurang disiplin.
f.        Latar belakang kebiasan dan budaya. Budaya dan tingkat pendidikan orang tuanya akan besar lengan berkuasa terhadap sikap dan sikap anak. Anak yang hidup dikeluarga yang baik dan tingkat pendidikan orang tunya manis maka anak akan cendrung berperilaku yang baik pula.
        Fakator-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Disiplin dalam Pembelajaran.   Bedasarkan uraian tersebut di atas maka sikap disiplin dan bertanggung jawab siswa sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Bukan semat-mata dipengaruhi oleh faktor internal. Hal ini sesuai dengan pendapat ahli  filsafat John Locke ( 1632 – 1704) mengajarkan,  bahwa perkembangan langsung ditentukan oleh faktor-faktor lingkungan terutama pendidikan. Beliau berkesimpulan bahwa tiap individu lahir sebagai kertas putih  dan lingkungan tersebutlah yang akan ”menulisi” kertas putih tersebut” ( Tim Dosen IKIP Malang,1980,12).
          Fakator-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Disiplin dalam Pembelajaran.
 Jadi dengan demikian, bahwa lingkungan yang oke yang sanggup membentuk dan membina langsung yang ideal, dan buakan semata-mata dari talenta anak  tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Disiplin Dalam Pembelajaran

Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)

Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together)