Pengertian Ptk (Penelitian Tindakan Kelas)

Pengertian Clasroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas)
Menurut Suharsimi Arikunto (2012:3), Dilihat dari namanya  Clasroom Action Research sudah menandakan isi yang terkandung di dalamnya, yaitu sebuah aktivitas penelitian yang dilakukan di dalam kelas. Dikarenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian terebut, maka ada tiga pengertian yang sanggup diterangkan.

Penelitian menunjuk pada suatu aktivitas mencermati suatu objek dengan memakai cara dan hukum metodologi tertentu untuk memperoleh data atau gosip yang bermanfaat dalam meningkatan mutu suatu hal yang menarik minta dan penting bagi peneliti. Tindakan- menunjuk pada sesuatu gerak aktivitas yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus aktivitas untuk siswa.

Istilah kelas ialah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, mendapatkan pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Dengan menggabungkan batasan pegertian tiga kata ini, yaitu (1) penelitian, (2) tindakan, (3) kelas, sanggup diambil kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap aktivitas berguru berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas.

Selain itu, berdasarkan Pardjono (2007:12) Clasroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), ialah satu jenis penelitian tindakan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Misi pemberdayaan dalam konteks penelitian tindakan kelas ialah ,memberdayakan guru dan sekaligus siswa.

Guru diberdayakan dari sudut pengembangan profesionalitas sedangkan siswa menerima manfaat dari upaya guru alasannya mendapatkan pelayanan yang lebih baik alasannya dmapak dari meningkatnya kualitas pembelajarannya. Kolaborasi juga sanggup dilakukan oleh peneliti dengan guru lain, kepala sekolah, peneliti dari universitas, guru senior dan sebagainya.

Pernyataan Pardjono tersebut juga di dukung oleh Suhardjono (2012:58), yang menyatakan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ialah penelitian tindakan (Action Research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya.
PTK berfokus pada kelas atau pada proses berguru mengajar yang terjadi di dalam kelas, bukan pada input kelas(silabus, materi, dan lain- lain) ataupun output (hasil belajar). PTK juga harus tertuju atau mengenai hal- hal yang terjadi di dalam kelas.
Selain itu, Rochiati Wiriaatmadja (2009:13) mengemukakan, penelitian tindakan kelas ialah bagaimana sekelompok guru sanggup mengorganisasikan kondidi praktek pembelajaran mereka, dan berguru dari pengalaman mereka sendiri . Mereka sanggup mencobakan suatu gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka, dan melihat efek nyata dari upaya itu.

Menurut Wibawa (Tukiran Taniredja,dkk, 2012:15), penelitian tindakan kelas ialah suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah konkret yang dihadapi oleh guru di lapangan.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, sanggup disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ialah penelitian yang mengangkat masalah-masalah yang konkret yang dilakukan oleh para guru yang merupakan pencermatan aktivitas berguru yang berupa tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara lebih professional.
 
Suharsimi Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Rochiati Wiriaatmaja.(2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya.
Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY
Tukiran dkk. (2012). PTK Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Alfabeta   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

History Of Psychology Of Religion

Media Pembelajaran Berbasis Ict

Model Pembelajaran Think Pair Share