Karakteristik Ptk (Penelitian Tindakan Kelas)
Menurut Pardjono (2007:16), penelitian tindakan kelas memiliki beberapa karakteristik yang sedikit berbeda jikalau dibandingkan dengan jenis penelitian lainnya. Beberapa karakteristik penting tersebut diantaranya sebagai berikut:
1. Permasalahan yang dipecahkan merupakan permasalahan simpel dan urgen yang dihadapi oleh para guru atau peneliti dalam profesinya sehari- hari.
2. Peneliti menunjukkan perlakuan atau tindakan yang berupa tindakan terpola untuk memecahkan permasalahan dan sekaligus meningkatkan kualitas yang sanggup dirasakan implikasinya oleh subjek yang diteliti.
3. Langkah- langkah penelitian yang direncanakan selalu dalam bentuk siklus atau tingkatan atau daur yang memungkinkan terjadinya peningkatan untuk setiap siklusnya.
4. Adanya empat komponen penting dalam setiap langkah, yaitu:
Sedangkan berdasarkan Zainal Arifin (2012), Karakteristik PTK adalah
1. Dilakukan dakam bentuk refleksi diri. Refleksi yakni tindakan merenung, mempertimbangkan atau memikirkan sesuatu.
2. Mengutamakan maalah- duduk kasus praktis, terbatas dan sesuai dengan situasi kasatmata dalam praktik pembelajaran di kelas.
3. Fleksibel dan adaptif, baik bagi peeliti maupun proses penelitiannya.
4. Tujuannya untuk memperbaiki praktik pembelajaran guru di kelas.
5. Menggunakan pendekatan kolaboratif terhadap orang-orang yang terlibat di dalamnya.
6. Melibatkan kelompok partisipan secara demokratis yang emmiliki akad bersama untuk melkukan penilaian diri secara kontinu sebagai upaya perbaikan praktik pembelajaran.
7. Memiliki kerangka kerja yang sistematis untuk menyebarkan ketrampilan yang lebih baik.
8. Memiliki langkah- langkah yang spesifik, yaitu rencana, tindakan dan observasi, refleksi.
1. Permasalahan yang dipecahkan merupakan permasalahan simpel dan urgen yang dihadapi oleh para guru atau peneliti dalam profesinya sehari- hari.
2. Peneliti menunjukkan perlakuan atau tindakan yang berupa tindakan terpola untuk memecahkan permasalahan dan sekaligus meningkatkan kualitas yang sanggup dirasakan implikasinya oleh subjek yang diteliti.
3. Langkah- langkah penelitian yang direncanakan selalu dalam bentuk siklus atau tingkatan atau daur yang memungkinkan terjadinya peningkatan untuk setiap siklusnya.
4. Adanya empat komponen penting dalam setiap langkah, yaitu:
(1)Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Reflektif5. Adanya langkah berpikir reflektif dan kolektif yang dilakukan oleh para peneliti baik setelah atau sebelum tindakan.
Langkah 1,2, dan seterusnya membentuk spiral yang menuju ke arah tercapainya tujuan dan juga diperolehnya solusi permasalahan.
Sedangkan berdasarkan Zainal Arifin (2012), Karakteristik PTK adalah
1. Dilakukan dakam bentuk refleksi diri. Refleksi yakni tindakan merenung, mempertimbangkan atau memikirkan sesuatu.
2. Mengutamakan maalah- duduk kasus praktis, terbatas dan sesuai dengan situasi kasatmata dalam praktik pembelajaran di kelas.
3. Fleksibel dan adaptif, baik bagi peeliti maupun proses penelitiannya.
4. Tujuannya untuk memperbaiki praktik pembelajaran guru di kelas.
5. Menggunakan pendekatan kolaboratif terhadap orang-orang yang terlibat di dalamnya.
6. Melibatkan kelompok partisipan secara demokratis yang emmiliki akad bersama untuk melkukan penilaian diri secara kontinu sebagai upaya perbaikan praktik pembelajaran.
7. Memiliki kerangka kerja yang sistematis untuk menyebarkan ketrampilan yang lebih baik.
8. Memiliki langkah- langkah yang spesifik, yaitu rencana, tindakan dan observasi, refleksi.
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY
Zainal Arifin. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Komentar
Posting Komentar