Media Pendidikan Dalam Pembelajaran



MEDIA PENDIDIKAN

A.    Pengertian Media Pendidikan

Media Pendidikan dalam pembelajaran. Dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat ciri utama yaitu adanya relasi diantara anggotanya. Hubungan itu berlangsung sedemikian rupa, sehingga terjadi proses saling mempengaruhi. Dengan kata lain antara anggota kelompok terdapat relasi yang disebut komunikasi interaksi. Melalui banyak sekali bentuk komunikasi maka kelompok-kelompok masyarakat tersebut bisa melaksanakan banyak sekali macam acara atau tingkah laris sosial sehingga sanggup tercapainya  sutau tujuan yang diinginkan.
Komunikasi berlaku di dalam semua bentuk relasi sosial, baik di sekolah maupun di dalam pergaulan masyarakat yang lebih luas. Di sekolah berlangsung relasi komunikasi interaksi antara para siswa dangan  guru, dan  dalam  pendidikan islam, relasi interaksi antara guru dan muridnya sangat dijaga dan  dipertahankan, sehingga apa yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran sanggup tercapai sebagimana terencana. Begitu halnya dalam penyampaian materi pelajaran,  yaitu memakai materi penunjang selain isi dari kitab saja.[1] Misalnya, memakai metode praktek yang eksklusif diperagakan oleh seseorang, dan  seseorang itu sanggup dijadikan sebagai mediadalam pembelajaran, contohnya untuk melaksanakan praktek shalat, maka seseorang sanggup diperintah untuk mempraktekkan bagaimana cara melaksanakan gerakan shalat, melalui praktek yang dilakukan oleh seseorang tersebut, maka sanggup membantu mempercepat pemahaman seorang siswa terhadap materi yang disampaikan guru.
Untuk mencapai maksud dan tujuan penggunaan media dalam pembelajaran  efektivitas dan pemanfaatan media perlu ditingkatkan. Peningkatan efektivitas penggunaan media sebagian besar sangat tergantung  kepada faktor penunjang, yaitu  sarana dan prasarana. Dengan kata lain, relasi komunikasi interaksi itu akan berjalan dengan lancar dan menerima hasil yang maksimal apabila komunikasi dalam proses berguru mengajar memakai alat bantu, dan alat bantu itulah yang disebut dengan media. Kata media berasal dari bahasa latin yaitu medius yang secara bahasa berarti tengah, mediator atau pengantar. Menurut Azhar Arsyad, media yaitu mediator atau pengantar pesan dari pengirim kepada peserta pesan.[2] Pesan yang dimaksud yaitu materi atau materi didik yang tercantum dalam kurikulum. Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara bahasa juga berarti mediator atau pengantar. Para andal media pendidikan, mempunyai perbedaan dalam menunjukkan pengertian media, tetapi arah dan tujuannya yaitu sama, yaitu  tidak terlepas dari kata medium. ada beberapa media yang sanggup dipergunakan dalam pmebealajaran menyerupai media audio, menyerupai pada posting penulis pada bab sebelumnya, https://hlddownload.blogspot.com//search?q=penggunaan-media-visual-dalam dan https://hlddownload.blogspot.com//search?q=penggunaan-media-visual-dalam
Demikian postingan perihal Media Pendidikan dalam Pembelajaran..salam sukses supaya bermanfaat 


[1] Zukhairini, Sejarah Pendidikan Islam, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2006 ), hal. 211.
[2] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003), hal. 3.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Disiplin Dalam Pembelajaran

Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)

Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together)