Pendidikan Dan Nilai Dalam Pembelajaran ( Pengertian Pendidikan Dan Nilai)


       A. Pengertian Pendidikan Dan Nilai
Pendidikan yaitu perjuangan sadar dan bersiklus untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk memliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, tabiat mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pengertian yang pertama mengacu kepada pendidikan pada umumnya, yaitu pendididkan yang dilakukan oleh masyarakat umum. Dan pendidikan yaitu efek bimbingan dan kode dari orang sampaumur kepada orang lain, untuk menuju kearah kedewasaan, kemandirian, serta kematangan mentalnya. dana beitu pula dalamhal penerapan disiplin belajar, seperi yang penulis ungkat pada https://hlddownload.blogspot.com//search?q=konsep-penerapan-sikap-disiplin-dalam  tidak ahnaya itu, pekerjaan mendidik meliputi banyak hal, yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan manusia.[1]
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan cara berfikir atau tingkah laris dengan cara pengajaran . dan berkaitan juga dengan strstegi seorang pemimpin dalam forum pendidikan. lihat di https://hlddownload.blogspot.com//search?q=konsep-penerapan-sikap-disiplin-dalam Jalaludin mengartikan pendidikan sebagai proses perjuangan dari insan sampaumur yang telah sadar akan kemanusiannya dalam membimbing melatih, dan menanamkan nilai dan dasar pandangan hidup kepada generasi muda, biar nantinya menjadi insan yang sadar dan bertanggung jawab akan tugas-tugas hidupnya sebagai insan yang sesuai dengan sifat hakiki dan ciri kemanusiaannya.[2] 
B. Pengertian Nilai - Nilai Pendidikan
 Arti kata nilai yaitu harga, tafsiran dan angka (Anda Sontoso, 1990: 264). Kontjaraningrat (1984:25) mengatakan, bahwa nilai itu yaitu tingkat utama ideal bagi kehidupan manusia. Tingkat ini yaitu ide-ide yang mengkonsepsikan hal-hal yang paling bernilai dalam kehidupan masyarakat, selain itu sistem nilai budaya terdiri dari konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai hal-hal yang harus mereka anggap bernilai dalam kehidupan. Oleh sebab itu sistem nilai dalam sastra yaitu unsur-unsur yang penting dalam kehidupan insan wacana sisi faktual dan negatif dalam karya sastra tersebut, nilai sering dikaitkan dengan keberhasilan berguru klik di tautan berikut untuk membaca  goresan pena penulis wacana prestasi berguru https://hlddownload.blogspot.com//search?q=konsep-penerapan-sikap-disiplin-dalam
 Pengertian nilai merupakan unsur yang baik dan buruknya sesuatu yang sanggup ditafsirkan oleh karya sastra wacana nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu sendiri sehingga akan sanggup diambil suatu kesimpulan dari unsur nilai tersebut (Partanto1990: 321). Nilai dalam sebuah karya sastra tidak sanggup dipisahkan dari unsur-unsur yang ada dalam dongeng tersebut. Sehingga sanggup dikatakan bahwa nilai merupakan unsur yang ada di dalamnya.  Berdasarkan dari beberapa pendapat di atas sanggup dirumuskan bahwa nilai pendidikan merupakan batasan segala sesuatu yang mendidik ke arah kedewasaan, bersifat baik maupun jelek sehingga berkhasiat bagi kehidupannya yang diperoleh melalui proses pendidikan. Proses pendidikan bukan berarti hanya sanggup dilakukan dalam satu daerah dan suatu waktu. Dihubungkan dengan eksistensi dan kehidupan manusia, nilai-nilai pendidikan diarahkan pada pembentukan langsung insan sebagai makhluk individu, sosial, religius, dan berbudaya


[1] Made Pidarta, landasan kependidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2007) ,hlm.22
[2] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka.
2003), hlm. 263


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Disiplin Dalam Pembelajaran

Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)

Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together)