Faktor-Faktor Yang Mensugesti Prestasi Belajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar: Dalam pelaksanaan proses berguru mengajar diharapkan adanya penilaian yang nantinya akan dijadikan  sebagai tolak ukur maksimal yang telah dicapai siswa sehabis melaksanakan acara berguru selama waktu yang telah ditentukan. Apabila pinjaman bahan telah dirasa cukup, guru sanggup melaksanakan tes yang risikonya akan dipakai sebagai ukuran dari prestasi berguru yang bukan hanya terdiri dari nilai mata pelajaran saja tetapi juga meliputi nilai tingkah laris siswa selama berlangsungnya proses berguru mengajar. 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi BelajarPrestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang saat mengerjakan kiprah atau acara tertentu.” Prestasibelajar yaitu penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan olehmata pelajaran yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yangdiberikan guru” (Tulus Tu`u, 2004:75).
Dari pengertian diatas sanggup dipahami bahwa prestasi belajar yaitu hasil kemampuan seseorang pada bidang tertentu dalam mencapai tingkat kedewasaan yang eksklusif sanggup diukur dengan tes. Penilaian sanggup berupa angka atau huruf. Keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi berguru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat kecerdasan yang baik, pelajaran sesuai dengan talenta yang dimiliki, ada minat dan perhatian yang tinggi dalam pembelajaran, motivasi yang baik dalam belajar, cara berguru yang baik dan seni administrasi pembelajaran yang dikembangkan guru. Suasana keluarga yang mendorong anak untuk maju, selain itu lingkungan sekolah yang tertib, teratur dan disiplin merupakan pendorong dalam proses pencapaian prestasi belajar (Tulus Tu`u, 2004: 81).                 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi BelajarMenurut Merson U. Sangalang yang dikutip oleh Tulus Tu’u (2004:78) ada beberapa faktor yang mensugesti keberhasilan siswa dalam mencapai hasil berguru yang baik, antara lain:
1. faktor kecerdasan, 
      Tinggi rendahnya kecerdasan yang dimiliki siswa sangat memilih keberhasilannya mencapai prestasi belajar, termasuk prestasi-prestasi lain yang ada pada dirinya.
2.  faktor bakat. 
   Bakat-bakat yang dimiliki siswa apabila diberi kesempatan  untuk dikembangkan dalam pembelajaran akan sanggup mencapai prestasi belajar yang diharapkan.
3.  faktor minat dan perhatian.
Minat yaitu kecenderungan yang besar terhadap sesuatu. Perhatian yaitu melihat dan mendengar dengan baik serta teliti terhadap sesuatu. Apabila siswa menaruh minat pada satu pelajaran tertentu biasanya cenderung untuk memperhatikannya dengan baik. Minat dan perhatian yang tinggi pada mata pelajaran akan memberi dampak yang baik bagi prestasi belajar siswa.
4.  faktor motif.
Motif selalu selalu mendasari dan mensugesti setiap perjuangan serta acara seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Apabila dalam belajar, siswa mempunyai motif yang baik dan kuat, hal ini akan memperbesar perjuangan dan kegiatannya mencapai prestasi yang tinggi.
5.  faktor cara belajar.
Keberhasilan berguru siswa dipengaruhi oleh cara berguru siswa. Cara berguru yang efisien memungkinkan mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara berguru yang tidak efektif.
6.  faktor lingkungan keluarga.
Keluarga merupakan salah satu potensi yang besar dan nyata memberi imbas pada prestasi siswa. Terutama dalam hal mendorong, memberi semangat, dan memberi contoh yang baik kepada anaknya.
7.  faktor sekolah.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar; Sekolah merupakan faktor pendidikan yang sudah terstruktur, mempunyai sistem, dan organisasi yang baik bagi penanaman nilai-nilai etika, moral, mental, spiritual, disiplin dan ilmu pengetahuan  (Tulus Tu’u, 2004:78).Pencapaian prestasi belajar yang baik tidak hanya diperoleh dari tingkat kecerdasan siswa saja, tetapi juga didukung oleh lingkungan keluarga dan sekolah dimana guru dan alat berguru dijadikan sebagai sumber berguru bagi kelancaran proses berguru mengajar. Keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi berguru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat kecerdasan yang baik, pelajaran sesuai dengan talenta yang dimiliki, ada minat dan perhatian yang tinggi dalam pembelajaran, motivasi yang baik dalam belajar, cara berguru yang baik dan seni administrasi pembelajaran yang dikembangkan guru. Suasana keluarga yang mendorong anak untuk maju, selain itu lingkungan sekolah yang tertib, teratur dan disiplin merupakan pendorong dalam proses pencapaian prestasi belajar (Tulus Tu`u, 2004: 81).
demikianlah ulasan singkat tengtang " Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar" supaya bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Disiplin Dalam Pembelajaran

Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)

Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together)